Beranda | Artikel
Catat: Waktu-waktu Disunahkan Membaca Surah al-Kafirun dan al-Ikhlas Syaikh Abdussalam asy-Syuwaiar
Kamis, 23 Maret 2023

Sesungguhnya salah satu surah yang Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam
sering membacanya dalam salat
dan banyak membacanya di pagi dan sore hari
adalah surah al-Kafirun dan sandingannya surah al-Ikhlas,

“Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa.”
Ibnu Majah meriwayatkan dengan sanad yang sahih
dari hadis Aisyah—semoga Allah Meridainya—
bahwa Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam bersabda,

“Dua surah terbaik
untuk dibaca di dua rakaat Sunah Fajar (Qobliyah Subuh):
‘Qul huwallāhu aẖad’
dan ‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’.”

Dahulu Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam biasa membaca kedua surah ini
di dua rakaat Salat Sunah Fajar (Qobliyah Subuh).
Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah—semoga Allah Meridainya—

bahwa Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam membaca dalam dua rakaat Sunah Fajar
‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’
dan ‘Qul huwallāhu aẖad’.

Beliau Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam sungguh sering membacanya.
Abu Dawud aṯ-Ṯayālisī meriwayatkan dengan sanad yang sahih
dari Ibnu Umar—semoga Allah Meridainya—yang mengatakan,
“Aku mendengar Rasulullah Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam lebih dari dua puluh kali
membaca di dua rakaat setelah Salat Magrib (Ba’diyah Magrib).

dan di dua rakaat sebelum Salat Subuh
‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’
dan ‘Qul huwallāhu aẖad’.”

Dahulu beliau Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam juga biasa membaca keduanya saat Salat Sunah Magrib (Ba’diyah Magrib).
Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu Umar—semoga Allah Meridainya—
dia berkata bahwa Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam saat Magrib membaca
‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’
dan ‘Qul huwallāhu aẖad’.

Perkataannya, “Saat Magrib membaca …”
maksudnya dalam Salat Sunah Ba’diyah Magrib,
sebagaimana dijelaskan dalam hadis lain yang juga dia—semoga Allah Meridainya—riwayatkan.

Ibnu Majah juga meriwayatkan
dari hadis Abdullah bin Mas’ud—semoga Allah Meridainya—
bahwa Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam

biasanya dalam dua rakaat setelah Salat Magrib (Ba’diyah Magrib) membaca
‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’
dan ‘Qul huwallāhu aẖad’.

Beliau Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam selalu membaca dua surah ini
dalam Salat Magrib, sebagaimana diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dari hadis Ibnu Mas’ud,

yang berkata, “Tak terhitung lagi seringnya aku mendengar Rasulullah Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam
membaca dalam dua rakaat setelah Magrib (Ba’diyah Magrib)
dan dalam dua rakaat sebelum Salat Subuh (Qobliyah Subuh)
‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’
dan ‘Qul huwallāhu aẖad’.”

Beliau Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam juga biasa
membaca dua surah ini
dalam salat sunah dua rakaat tawaf.

Muslim meriwayatkan dalam kitab Sahih-nya
dari hadis Jabir bin Abdullah—semoga Allah Meridainya—yang mengisahkan
tawaf Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam dan salatnya dua rakaat di Ka’bah,

Jabir berkata, “Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam dalam dua rakaat tersebut membaca
‘Qul huwallāhu aẖad’
dan ‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’.

Termasuk sunah beliau Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam juga
bahwa beliau membacanya saat Salat Witir.
Abu Dawud dan Ibnu Majah meriwayatkan dengan sanad yang sahih
dari hadis Ubay bin Ka’ab—semoga Allah Meridainya—yang berkata

bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam melakukan Salat Witir
dengan ‘Sabbiẖisma rabbikal aʿlā’
dan ‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’,
serta ‘Qul huwallāhu aẖad’.

Diriwayatkan dari Abdul Aziz bin Juraij, dia berkata,
“Kami bertanya kepada Aisyah, ‘Surah apa
yang Rasulullah Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam baca saat Salat Witir?’
Beliau menjawab, ‘Di rakaat pertama beliau membaca:

‘Sabbiẖisma rabbikal aʿlā’,
di rakaat kedua: ‘Qul yā ayyuhal kāfirūn’,
dan di rakaat ketiga: ‘Qul huwallāhu aẖad’
dan Muʿawwidzatain (al-Falaq dan an-Nas).”

====

فَإِنَّ مِنَ السُّوَرِ الَّتِي كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

يُكْثِرُ مِنْ قِرَاءَتِهَا فِي صَلَاتِهِ

وَيُكْثِرُ مِنْ قِرَاءَتِهَا فِي طَرَفَيِ النَّهَارِ

سُورَةُ الْكَافِرُونَ وَمَعَهَا قَرِينَتُهَا سُورَةُ الْإِخْلَاصِ

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

رَوَى ابْنُ مَاجَهَ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ

مِنْ حَدِيثِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

نِعْمَ السُّورَتَانِ

هُمَا يَقْرَأُ بِهِمَا فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

فَقَدْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهَاتَيْنِ السُّورَتَيْنِ

فِي رَكْعَتَي سُنَّةِ الْفَجْرِ

رَوَى مُسْلِمٌ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَكَانَ كَثِيرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَقْرَأُ بِذَلِكَ

فَقَدْ رَوَى أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ

سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْثَرَ مِنْ عِشْرِينَ مَرَّةً

يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ

الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ

بِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَكَذَلِكَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ كَانَ يَقْرَأُ بِهِمَا فِي سُنَّةِ الْمَغْرِبِ

فَقَدْ رَوَى ابْنُ مَاجِهَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا

قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَقَوْلُهُ: يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ

أَيْ فِي السُّنَّةِ الَّتِي بَعْدَ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ

كَمَا جَاءَ ذَلِكَ مُفَسَّرًا فِي الْحَدِيثِ الْآخَرِ عَنْهُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

رَوَى ابْنُ مَاجَهَ كَذَلِكَ

مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَقَدْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُلَازِمٌ لِهَاتَيْنِ السُّورَتَيْنِ

فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ كَمَا رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ مَسْعُودٍ

أَنَّهُ قَالَ: مَا أُحْصِي مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ

وَفِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

بِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَكَذَلِكَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

يَقْرَأُ بِهَاتَيْنِ السُّورَتَيْنِ

فِي رَكْعَتَي سُنَّةِ الطَّوَافِ

رَوَى مُسْلِمٌ فِي الصَّحِيحِ

مِنْ حَدِيثِ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا حِينَمَا ذَكَرَ

طَوَافَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْبَيْتِ وَصَلَاتَهِ رَكْعَتَيْنِ

قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَكَذَلِكَ كَانَ مِنْ هَدْيِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَنَّهُ يَقْرَأُ بِهِمَا فِي وِتْرِهِ

رَوَى أَبُو دَاوُدَ وَابْنُ مَاجَهَ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ

مِنْ حَدِيثِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ

بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَى

وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

وَعَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ ابْنِ جُرَيجٍ قَالَ

سَأَلْنَا عَائِشَةَ بِأَيِّ شَيْءٍ

كَانَ يُوتِرُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟

فَقَالَتْ: كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُوْلَى

بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَى

وَفِي الثَّانِيَةِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

وَفِي الثَّالِثَةِ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

والْمُعَوِّذَتَينِ


Artikel asli: https://nasehat.net/catat-waktu-waktu-disunahkan-membaca-surah-al-kafirun-al-ikhlas-syaikh-abdussalam-asy-syuwaiar/